Cara Menerapkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Demi Membangun Pribadi Yang Baik

Cara Menerapkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Demi Membangun Pribadi Yang Baik - Karakter merupakan watak seseorang dalam bertindak. Ada orang yang berkarakter baik, namun ada juga orang yang berkarakter tidak baik. Orang yang berkarakter baik, mungkin mereka sudah terdidik dalam lingkungan yang baik dan juga mempunyai keluarga yang sangat bagus mendidik mereka. Tapi orang yang berkarakter tidak baik gimana pula ?

Orang yang berkarakter tidak baik bisa saja itu berasal dari dalam diri mereka sendiri, mungkin mereka yang bengal jika di bilang orang tua. Tapi ada juga yang mereka sama sekali mendapat didikan yang kurang baik. Bisa saja ini berasal dari faktor lingkungan tempat tinggal mereka.

Membangun Pribadi Yang Baik Kepada Anak Dengan Memberikan Pendidikan Karakter


Pendidikan karakter itu sangat penting, apalagi buat anak-anak. Mereka harus mendapat pendidikan karakter yang baik guna membuat pribadi mereka jadi baik pula kedepannya nanti. Pendidikan karakter juga bisa di tanamkan dari lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah.

Dalam sebuah upaya, pendidikan karakter haruslah sebuah program yang terukur pencapainnya. Pendidikan karakter tidak hanya sebatas teori saja, tapi harus ada tindakan yang bisa dijadikan satu panutan. Yang jelas intinya, semua itu harus di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Membuat seorang anak yang berkarakter bukanlah perkara yang mudah dan cepat. Hal tersebut memerlukan upaya yang terus menerus dilakukan agar anak-anak semakin terlatih dan terbiasa.

Ada beberapa karakter yang dapat dibangun dari lingkungan keluarga :


1. Nasihat 

Kali ini orang tua berperan penting untuk mengawasi anak-anak mereka. Jangan pernah membiarkan anak-anaknya terlibat dalam pergaulan bebas. Selalulah memberikan nasihat terbaik agar anak terus bertumbuh kembang dalam karakter yang baik.

2. Hormat kepada yang lebih tua

Tanamkan rasa hormat kepada anak anda agar mereka selalu untuk hormat kepada orang yang lebih tua. Dengan begitu anak akan semakin hormat kepada orang yang lebih tua.

3. Jujur

Sifat jujur juga bisa dibangun lewat lingkungan keluarga. Jujur itu penting karena dengan jujur kita bisa selalu dipercaya orang.


Dengan begitu anak sudah mendapat sebagian hal yang dapat membangun karakter mereka menjadi lebih baik.

Ada juga juga beberapa karakter yang dapat dibangun dari lingkungan masyarakat yaitu gotong royong. Dengan bergotong royong, anak akan sadar akan pentingnya kebersamaan.

Selain dari lingkungan keluarga dan masyarakat, anak juga bisa mendapatkan pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Diantaranya :

1. Religius

Pendidikan agama sangat berpengaruh terhadap karakter anak. Pendidikan agama tidak hanya memberi keuntungan di dunia, namun juga memberikan keuntungan di akhirat. Salah satunya bisa dengan peduli dengan hari-hari besar keagamaan.

2. Toleransi

Ada sekolah yang umum. Ini membuat semua siswa tidak hanya 1 agama saja, namun ada beberapa agama. Dengan bertoleransi, anak bisa lebih menghargai setiap agama yang dianut orang.


3. Disiplin

Dengan berdisiplin, anak bisa lebih menghargai waktu. Ini juga mengajarkan kepada anak agar taat terhadap peraturan.

4. Kerja Keras

Upaya yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu, anak lebih tumbuh menjadi pribadi yang baik, serta tidak menjadi orang yang mudah menyerah.

5. Kreatif

Upaya untuk mengasah daya pikir anak agar menghasilkan cara atau hasil baru.


6. Mandiri

Sikap yang tidak mudah untuk selalu bergantung dengan orang lain.


7. Cinta tanah air

Cara berpikir untuk terus cinta terhadap ibu pertiwi. Dengan begitu, anak selalu untuk terus menghargai jasa-jasa para pahlawan. Ini membuat motivasi anak untuk terus belajar.

8. Menghargai prestasi

Sikap yang selalu untuk menghormati keberhasilan orang lain.

9. Bersahabat

Tindakan yang selalu untuk terus bergaul, tidak menutup diri, dan bekerja sama dengan orang lain.

10. Cinta Damai

Tindakan ini membuat orang lain merasa senang dan nyaman.


11. Tanggung jawab

Sikap yang membuat untuk akan peduli dengan kewajibannya.


12. Peduli lingkungan

Lebih menjadi orang yang mencintai alam


13. Peduli sosial

Tindakan yang selalu untuk memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan.

14. Saling membantu

Tindakan untuk membuat diri sendiri bermanfaat buat orang lain.


Demikianlah ulasan Cara Menerapkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Demi Membangun Pribadi Yang Baik. Semoga bermanfaaat ya.
Previous
Next Post »

Text Widget

Pages