Friday, May 27, 2016

Cara Merawat Gigi dengan Baik dan Mudah Agar Tetap Sehat

Gigi Sehat

Cara Merawat Gigi dengan Baik dan Mudah Agar Tetap Sehat - Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh yang sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan manusia. Tanpa gigi, makanan-makanan yang kasar tidak akan bisa dikunyah sehingga sangat sulit untuk dicerna.

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, gigi juga bisa menjadi penunjang penampilan seseorang. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk merawat gigi. Bisa sobat bayangkan bila kita tidak memiliki gigi, pastinya ini sangat berpengaruh pada diri kita.

Bagi para calon aparat negara, gigi juga menjadi perhatian untuk mereka. Sebab, bagi mereka yang memiliki gigi berlubang dapat dipastikan akan gugur dalam seleksi tes aparat. Hanya gara-gara gigi berlubang bisa gugur loo, sob.

Nah bagi sobat yang ingin masuk aparat tidak usah khwatir. Berikut ini akan dipaparkan cara merawat gigi dengan baik dan mudah agar tetap sehat:

1. Menggosok gigi

Sebagian besar manusia, setiap harinya pasti tidak akan lepas dari yang namanya makanan, Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Sebelum dicerna dalam perut, makanan pastinya masuk dahulu ke dalam mulut.

Gigi sangat berperan besar untuk mengunyah makanan agar mudah dicerna saat sudah ditelan. Setiap hari, makanan yang dikonsumsi manusia pasti menyisakan bekas yang terdapat pada sela-sela gigi.

Maka dari itu sangat dianjurkan sekali untuk menggosok gigi setiap hari. Terkhusus sebelum mau tidur malam. Gosoklah gigi secara rutin setiap hari. Minimal 2 atau 1 kali dalam sehari.

2. Hindari Penggunaan Tusuk Gigi

Banyak pasti di antara sobat sekalian yang sering menggunakan tusuk gigi. Alangkah baiknya hindari penggunaan tusuk gigi. Karena bisa melukai gusi dan dapat mengakibatkan gusi bengkak.

3. Kurangi Makanan yang Manis-Manis, Lengket

Gula sangat berpengaruh besar dalam pembusukan gigi. Banyak yang beranggapan banyak makan gula membuat gigi akan semakin cepat berlubang, contohnya kebanyakan makan coklat.

Nah untuk itu, sangat dianjurkan untuk mengurangi makanan yang manis-manis maupun yang lengket.

4. Pergunakan Kedua Sisi Rahang Saat Mengunyah Makanan

Menggunakan kedua sisi rahang saat mengunyah makanan dapat memberikan keseimbangan dan bakal membuat kekuatan sendi rahang.

5. Ganti Sikat Gigi 2 Bulan Sekali

Mengganti sikat gigi dalam waktu 2 bulan sekali sangat dianjurkan. Rutinitas ini sangat baik demi mempertahankan kilau alami gigi. Sikat gigi yang sudah terlalu lama digunakan, akan membuat bulu sikat menjadi keras.

6. Jangan memakan makanan panas dibarengi dengan air es

Tidak bisa dipungkiri pula gaya hidup yang membuat kita lalai. Contohnya, mungkin ada beberapa sobat sekalian yang hobi makan makanan panas seperti makan bakso, lalu dibarengi dengan minum air es.

Percayalah, sob. Lebih baik kebiasaan yang seperti ini harus sobat tinggalkan. Kebiasaan ini tentunya akan membuat gigi lebih cepat rusak. Lebih baik kita mencegah dari pada harus mengobati.

7. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Gigi yang terkontrol oleh dokter gigi, akan lebih mudah untuk menjadikan gigi lebih sehat. Sobat juga bisa mengunjungi dokter guna untuk lebih meyakinkan diri sobat.

Sebagai penutup tulisan artikel ini, ane sarankan buat sobat sekalian tidak menganggap hal sepele dengan kesehatan gigi. Bagi sobat yang mau melamar menjadi aparat negara, mudah-mudahan bisa lulus ya.

Demikianlah ulasan tentang cara merawat gigi dengan baik dan mudah agar tetap sehat. Semoga memberikan manfaat buat kita semua ya.

Artikel Terkait

2 comments


EmoticonEmoticon