Saturday, December 10, 2016

Perlukah Orang IT Menguasai Semua Bidang IT?

Perlukah Orang Informatika Menguasai Semua Bidang IT? - Melihat perkembangan zaman yang semakin hari semakin terus berkembang, maka teknologi informasi pun ikut berperan dalam perkembangannya. Teknologi informasi atau IT sudah menjadi hal yang sangat tidak asing bagi masyarakat dunia, terkhusus Indonesia.

IT


Dalam perkembangannya, teknologi informasi tidak lepas dari orang-orang IT karena orang-orang IT memiliki peran yang sangat besar untuk kemajuan teknologi informasi itu sendiri.

Sebagai Orang IT, sudah sepatutnya mereka tidak menganggap hal itu sebagai hal yang sepele. Melihat perkembangan semakin maju, orang IT harus bisa memberikan perannya dalam pembangunan IT untuk kedepannya.

Seiring berjalannya waktu, banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang bisa digeluti oleh orang-orang IT. Namun, apa yang bisa dijadikan senjata untuk membekali itu semua?

Perlukah Orang IT Menguasai Semua Bidang IT?

Sebagai orang yang memiliki jiwa dalam dunia IT, sebenarnya untuk mencapai suatu spesialis bidang IT tidak mesti menguasai semua bagian IT. Tapi jika kita memiliki pengetahuan semua bidang IT, itu menjadi nilai tambah bagi diri kita sendiri.

Berikut ini akan dipaparkan, apa saja bidang-bidang IT yang bisa dijadikan passion untuk kita yang gemar dengan dunia IT:


1. Programmer

Programmer

Menjadi seorang programmer tentu saja menjadi sebuah kebanggaan bagi orang IT. Dengan kemampuan logika dan algoritmanya, tentunya bisa membuat suatu aplikasi ataupun software yang berguna bagi pemakainya.

Bidang programmer ini sangat luas. Programmer juga memiliki spesialis, diantaranya ada desktop programming, web programming, mobile programming. Pembagian spesialis ini perlu dilakukan karena setiap bidang harus bisa menguasai bahasa-bahasa program yang berbeda. Contohnya seperti web programming, harus bisa menguasai PHP, MySQL, dan bahasa program pendukung web lainnya.


2. Teknisi Komputer dan Jaringan

Teknisi komputer jaringan

Berbeda dengan programmer yang berfokus dengan perangkat lunak. Teknisi komputer jaringan lebih fokus pada bagian perangkat keras komputer. Pekerjaan taknisi komputer jaringan meliputi memperbaiki komputer, instalasi komputer, dan memasang jaringan.

Keahlian ini sangat dibutuhkan jika kita bekerja disuatu instansi Non-IT seperti Rumah sakit, Bank, maupun yang lainnya. Namun bukan berarti teknisi komputer jaringan tidak memiliki peranan penting dalam dunia IT, justru teknisi komputer akan membantu pekerjaan-pekerjaan IT lainnya dalam mengembangkan produk-produk IT.

Bisa dibayangkan jika komputer dalam keadaan rusak atau bermasalah, maka programmer tidak bisa melaksanakan pekerjaannya. Disinilah peran teknisi komputer jaringan untuk membantu programmer dalam melaksanakan tugasnya. Belum lagi koneksi jaringan internet bermasalah maupun masalah yang lainnya.

3. Designer

Designer

Apa jadinya ya jika hidup tanpa warna. Begitu juga dengan IT. Dalam membantu perkembangannya, peran designer juga memberi warna dalam perkembangan IT. Contohnya kita ambil dari bagian website. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa website bukan hanya condong ke sistemnya saja, namun harus membuat daya tarik website itu sendiri agar pengunjung tidak pernah bosan untuk berkunjung ke website itu. Designer juga memiliki spesialisnya masing-masing seperti web designer, graphic design.

4. Pengajar IT

Pengajar IT

Perlahan tapi pasti, pendidikan IT sangat penting untuk diterapkan di suatu lembaga pendidikan formal maupun informal. Peran pengajar IT sangat membantu untuk menghasilkan orang-orang IT yang berguna bagi nusa dan bangsa. 

Sudah selayaknya pemerintah kita tidak memandang sebelah mata perkembangan IT yang terus menerus semakin berkembang pesat. Maka dari itu, alangkah baiknya mata pelajaran IT harus bisa dijadikan kurikulum mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Sehingga masyarakat Indonesia akan melek akan dunia IT.


Dalam kenyataanya, orang-orang yang lulusan dari IT tidak selamanya bekerja dengan pekerjaan yang berkecimpung dalam dunia IT. Begitu juga dengan jurusan-jurusan yang lainnya. Tapi dengan begitu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi sukses.  

Mungkin salah satu dari 4 passion diatas bisa dijadikan suatu tolak ukur untuk menggeluti dunia IT. Intinya harus fokus dan berusaha ya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai perlukah orang IT menguasai semua bidang IT?

Semoga menambah wawasan bersama ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Text Widget

Pages