Sunday, December 11, 2016

Cara Memanfaatkan Waktu Luang Di Hari Minggu dengan Hal yang Positif

Cara Memanfaatkan Waktu Luang Di Hari Minggu dengan Hal yang Positif - Manusia tidak lepas dari yang namanya aktivitas ataupu kegiatan. Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, manusia dituntut untuk melakukan yang namanya istirahat. Istirahat itu penting untuk mengumpulkan kembali tenaga setelah menjalani hari-hari yang penuh dengan kegiatan.

Cara Memanfaatkan Waktu Luang Di Hari Minggu dengan Hal yang Positif


Di Indonesia, hari minggu merupakan hari yang paling sering dijadikan hari libur untuk orang-orang yang bekerja maupun yang masih sekolah.

Banyak cara orang cara memanfaatkan waktu luang di hari minggu dengan hal yang positif. Biasanya orang lebih memilih berlibur ke suatu tempat rekreasi ataupun tempat yang membuat orang itu merasa tenang, tentram, dan nyaman. Tentu saja itu memiliki biaya tambahan bukan?
Tapi tenang dulu, ada juga hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengisi hari minggu kita dengan cara yang gratis dan positif pula.

Setiap manusia beraneka ragam sifat dan keinginannya. Disini kita akan mengulas bagaimana cara memanfaatkan waktu luang di hari minggu dengan hal yang positif. So, kamu ingin pilih yang mana?

1. Olahraga

Olahraga

 

Orang-orang sangat fresh jika melakukan olahraga di pagi hari. Kita bisa memilih olahraga yang menjadi hobby kita untuk kita lakukan, contohnya seperti sepak bola, bulu tangkis, jogging, dan sebagainya. Melakukan olahraga sesuai hobby kita akan membuat kesenangan untuk diri kita sendiri. Intinya jangan malas ya!

2. Membersihkan rumah ataupun pekarangannya


Membersihkan rumah juga bisa dijadikan untuk mengisi hari minggu kita. Kita juga dapat membersihkan pekarangan rumah kita. Hal itu sangat memberikan dampak yang positif. Selain pekarangan rumah kita menjadi bersih, tentunya kita lebih bersahabat dengan alam dan membuat lingkungan rumah kita bebas dari penyakit. Intinya harus bekerja secara ikhlas ya!

3. Menulis

Menulis

Sebagian besar orang memiliki hobby menulis. Kita bisa memanfaatkan waktu luang di hari minggu untuk menulis apa yang kita suka. Selain memberi ketengan jiwa, menulis juga akan membuat tingkat ketelitian kita menjadi baik. Menulislah untuk hal-hal yang bermanfaat dan positif ya!

4. Membaca

Membaca

Membaca membuat wawasan kita menjadi luas. Bakal dalam kita suci umat islam (Al-qur'an), ayat yang pertama kali diturunkan yaitu kata yang berasal dari bahasa arab yang berbunyi iqro' yang artinya bacalah. Maka berbahagialah orang yang memiliki hobby membaca. Karena dasar dari pengetahuan itu adalah membaca.

5. Silaturrahmi

Silaturahmi

Manusia merupakan makhluk sosial. Ini artinya manusia hidup sangat bergantungan dengan manusia yang lainnya. Kita juga bisa memilih kunjungan ke kerabat dekat ataupun ke tempat saudara. Silaturahmi juga dapat mendatangkan rezki dan membuat panjang umur.

6. Menonton TV

Menonton TV

Banyak sebagian orang yang mager alias malas gerak. Untuk tipe orang yang seperti ini, tidak ada salahnya mengisi kekosongan dengan menonton film di televisi. Ini juga akan membuat otak lebih fresh setelah menjalani aktivitas seminggu lamanya dan bersiap untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

7. Berkunjung ke tempat-tempat keagamaan

Berkunjung ke tempat keagamaan

Mungkin pada zaman sekarang ini, sebagian orang tidak tertarik dengan kajian-kajian yang berbau tentang keagamaan. Orang seakan lebih mengejar dunia, padahal dunia ini sifatnya hanya sementara.

Namun siapa sangka, dengan mendatangi tempat-tempat seperti ini, akan membuat kita menjadi tenang, tentram dan kita semakin tau untuk apa kita hidup di dunia yang fana ini. Selain memiliki ketenangan jiwa, berkunjung ke tempat-tempat keagamaan akan memberi manfaat lebih yaitu mendapatkan pahala dan juga mendapatkan kawan baru. Lakukanlah dengan hati yang ikhlas ya.

Demikianlah ulasan seputar cara mamanfaatkan waktu luang di hari minggu dengan hal yang positif. Semoga akan menambah semangat kita dalam melakukan kegiatan positif dalam hari-hari libur ya.

Saturday, December 10, 2016

Perlukah Orang IT Menguasai Semua Bidang IT?

Perlukah Orang Informatika Menguasai Semua Bidang IT? - Melihat perkembangan zaman yang semakin hari semakin terus berkembang, maka teknologi informasi pun ikut berperan dalam perkembangannya. Teknologi informasi atau IT sudah menjadi hal yang sangat tidak asing bagi masyarakat dunia, terkhusus Indonesia.

IT


Dalam perkembangannya, teknologi informasi tidak lepas dari orang-orang IT karena orang-orang IT memiliki peran yang sangat besar untuk kemajuan teknologi informasi itu sendiri.

Sebagai Orang IT, sudah sepatutnya mereka tidak menganggap hal itu sebagai hal yang sepele. Melihat perkembangan semakin maju, orang IT harus bisa memberikan perannya dalam pembangunan IT untuk kedepannya.

Seiring berjalannya waktu, banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang bisa digeluti oleh orang-orang IT. Namun, apa yang bisa dijadikan senjata untuk membekali itu semua?

Perlukah Orang IT Menguasai Semua Bidang IT?

Sebagai orang yang memiliki jiwa dalam dunia IT, sebenarnya untuk mencapai suatu spesialis bidang IT tidak mesti menguasai semua bagian IT. Tapi jika kita memiliki pengetahuan semua bidang IT, itu menjadi nilai tambah bagi diri kita sendiri.

Berikut ini akan dipaparkan, apa saja bidang-bidang IT yang bisa dijadikan passion untuk kita yang gemar dengan dunia IT:


1. Programmer

Programmer

Menjadi seorang programmer tentu saja menjadi sebuah kebanggaan bagi orang IT. Dengan kemampuan logika dan algoritmanya, tentunya bisa membuat suatu aplikasi ataupun software yang berguna bagi pemakainya.

Bidang programmer ini sangat luas. Programmer juga memiliki spesialis, diantaranya ada desktop programming, web programming, mobile programming. Pembagian spesialis ini perlu dilakukan karena setiap bidang harus bisa menguasai bahasa-bahasa program yang berbeda. Contohnya seperti web programming, harus bisa menguasai PHP, MySQL, dan bahasa program pendukung web lainnya.


2. Teknisi Komputer dan Jaringan

Teknisi komputer jaringan

Berbeda dengan programmer yang berfokus dengan perangkat lunak. Teknisi komputer jaringan lebih fokus pada bagian perangkat keras komputer. Pekerjaan taknisi komputer jaringan meliputi memperbaiki komputer, instalasi komputer, dan memasang jaringan.

Keahlian ini sangat dibutuhkan jika kita bekerja disuatu instansi Non-IT seperti Rumah sakit, Bank, maupun yang lainnya. Namun bukan berarti teknisi komputer jaringan tidak memiliki peranan penting dalam dunia IT, justru teknisi komputer akan membantu pekerjaan-pekerjaan IT lainnya dalam mengembangkan produk-produk IT.

Bisa dibayangkan jika komputer dalam keadaan rusak atau bermasalah, maka programmer tidak bisa melaksanakan pekerjaannya. Disinilah peran teknisi komputer jaringan untuk membantu programmer dalam melaksanakan tugasnya. Belum lagi koneksi jaringan internet bermasalah maupun masalah yang lainnya.

3. Designer

Designer

Apa jadinya ya jika hidup tanpa warna. Begitu juga dengan IT. Dalam membantu perkembangannya, peran designer juga memberi warna dalam perkembangan IT. Contohnya kita ambil dari bagian website. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa website bukan hanya condong ke sistemnya saja, namun harus membuat daya tarik website itu sendiri agar pengunjung tidak pernah bosan untuk berkunjung ke website itu. Designer juga memiliki spesialisnya masing-masing seperti web designer, graphic design.

4. Pengajar IT

Pengajar IT

Perlahan tapi pasti, pendidikan IT sangat penting untuk diterapkan di suatu lembaga pendidikan formal maupun informal. Peran pengajar IT sangat membantu untuk menghasilkan orang-orang IT yang berguna bagi nusa dan bangsa. 

Sudah selayaknya pemerintah kita tidak memandang sebelah mata perkembangan IT yang terus menerus semakin berkembang pesat. Maka dari itu, alangkah baiknya mata pelajaran IT harus bisa dijadikan kurikulum mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Sehingga masyarakat Indonesia akan melek akan dunia IT.


Dalam kenyataanya, orang-orang yang lulusan dari IT tidak selamanya bekerja dengan pekerjaan yang berkecimpung dalam dunia IT. Begitu juga dengan jurusan-jurusan yang lainnya. Tapi dengan begitu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi sukses.  

Mungkin salah satu dari 4 passion diatas bisa dijadikan suatu tolak ukur untuk menggeluti dunia IT. Intinya harus fokus dan berusaha ya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai perlukah orang IT menguasai semua bidang IT?

Semoga menambah wawasan bersama ya.

Thursday, December 8, 2016

Solusi Untuk Kamu yang Sering Memiliki Rasa Malas

Hidup penuh dengan lika-liku. Ada suka maupun duka. Banyak cara orang memanfaatkan kehidupan ini dengan caranya sendiri pula. Semua itu dilakukan karena ada sesuatu yang harus dicapai dalam hidup ini.

Solusi Untuk Kamu yang Sering Memiliki Rasa Malas


Dalam menghadapi hidup, manusia dituntut untuk memiliki jiwa yang semangat dan membara. Jika sifat itu sudah tertanam di dalam jiwa kita, maka sudah selayaknya kita harus memanfaatkan sebaik mungkin. 

Hidup adalah proses. Proses menuju sesuatu yang akan dicapai. Semua proses butuh yang namanya perjuangan. Setiap perjuangan harus membutuhkan semangat yang membara alias tidak malas-malasan. Sudah selayaknya bagi kita untuk menerapkan semangat dalam hidup ini.

Tapi, bagaimana jika kita tidak mempunyai jiwa semangat atau semangat itu sedang hilang di dalam diri kita?
Atau, apa solusinya?

Sebenarnya jika kita fahami, ada sesuatu yang bisa menghalangi semangat itu muncul kembali. Ya, itu adalah rasa malas. Rasa malas selalu menghantui jiwa kita. Tapi, tidak usah panik dulu. Disini kita akan mengulas bagaimana untuk membangkitkan kembali semangat kita yang telah hilang. Sekaligus solusi untuk kamu yang sering memiliki rasa malas.

Berikut adalah solusinya:

1. Rencanakan aktivitas esok hari

Rencanakan aktivitas esok hari

Sebenarnya inti dari rasa malas yaitu keseringan tak ada aktivitas yang dijalankan. Dengan merencanakan aktivitas, akan membuat kita untuk lebih bersiap menjalani aktivitas esok hari dengan jadwal yang sudah dirancang.

2. Bangun pagi

Bangun pagi

Banyak orang yang menganggap sepele akan hal ini. Padahal bangun pagi tidak hanya untuk menghilangkan rasa malas, tapi juga untuk membuat diri menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas. Alangkah baiknya dibarengi dengan olahraga kecil dipagi hari.

3. Mandi pagi

Mandi pagi

Secara medis, mandi pagi sangat baik untuk kesehatan. Dengan mandi pagi, tubuh lebih banyak kemasukan oksigen yang akan membuat tubuh menjadi segar dan tidak mudah mengantuk. Jangan lupa mandi pagi ya.

4. Menghirup udara pagi

Menghirup udara pagi

Bisakan dipagi hari untuk tidak menetap di dalam rumah. Bergegaslah untuk keluar rumah untuk mencari udara segar dan melihat hijau pepohonan.

5. Motivasi diri sendiri

Motivasi diri sendiri

Tidak ada salahnya untuk memberi motivasi untuk diri sendiri. Dengan begitu, akan memberi dampak positif dalam diri kita, dan juga akan membangkitkan kembali semangat. So, jangan lupa untuk motovasi diri sendiri ya.

6. Lakukan aktivitas yang sudah direncanakan

Lakukan aktivitas yang sudah direncanakan

Jangan biasakan aktivitas kita sehari-hari itu kosong. Pastikan kita memiliki aktivitas yang akan kita jalani dengan senang hati dan ikhlas. Maka dari itu, biasakan diri kita untuk melakukan aktivitas yang positif yang akan memberikan manfaat bagi diri kita.

7. Tanamkan niat yang kokoh

Niat yang kokoh

Sebenarnya keenam cara diatas itu tidak akan sukses untuk diterapkan jika kita tidak memiliki niat yang kokoh dalam diri kita. Jadi inti dari semua itu adalah niat. Jadikan niat itu sebagai tonggak atau dasar akan kesuksesan sesuatu. Maka dari itu, jangan lupa perkokoh niat ya.

8. Jangan takut bermimpi

Jangan takut bermimpi

Mimpi yang dimaksud adalah mimpi untuk menjadi orang yang sukses, bukan mimpi dalam tidur ya. Ada pepatah mengatakan, "Mimpilah setinggi langit. Kalaupun jatuh, kita akan jatuh diantara bintang-bintang". Maka dari itu, jangat takut untuk bermimpi ya, kan cuma mimpi aja yakan. Bisa jadi dengan mimpi itu, membuat kita untuk ingin mewujudkannya.

9. Hindari kebiasaan malas bergerak

Jangan malas bergerak

Anak muda zaman sekarang itu lebih senang menyendiri dengan gadget di tangannya ketimbang kumpul dengan kawan-kawan. Lebih senang menghabiskan waktu untuk gadgetnya, sehingga membuat mereka untuk malas bergerak. Lebih senang golek-golek dari pada jalan-jalan hehe. So, jangan biasakan sifat seperti itu ya. Jadilah anak muda yang bergerak dan bersosialisasi.

Mungkin banyak dari solusi yang diberikan bisa kita terapkan satu persatu di dalam kehidupan kita ya. Intinya harus mau berbuat dan membiasakan diri ya. Demikianlah ulasan tentang solusi untuk kamu yang sering memiliki rasa malas. Semoga memberi manfaat untuk kita bersama ya.