Monday, April 25, 2016

Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat Dan Menu Sahur Sehat

Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat Dan Menu Sahur Sehat - Sebentar lagi Ramadhan tiba. Tua dan Muda pasti banyak sekali yang bersuka cita menyambut kedatangan bulan yang mulia ini. Bulan Ramadhan tidak lepas dari yang namanya berbuka puasa dan sahur. Perlu diketahui bahwa berbuka puasa dan sahur juga bagian dari ibadah di bulan Ramadhan. 

Buah-Buahan

Memasuki bulan Ramadhan, sudah pasti kita lebih memperhatikan asupan-asupan yang bakal kita konsumsi selama bulan Ramadhan. Kita di tuntut untuk memperhatikan asupan-asupan ataupun menu-menu makanan yang bakal kita sajikan dalam berbuka puasa dan sahur. Aneka hidangan yang baik yaitu sudah tentu dengan makanan-makanan yang sehat.

Bermacam-macam aneka buah sangat tepat untuk mengisi menu-menu disaat berbuka puasa. Dalam buah-buahan terdapat rasa manis yang natural, serta memberikan rasa manis yang sangat bervariasi yang membuat kita bebas untuk memilih buah-buahan yang kita konsumsi.

Ada beberapa buah yang bakal menjadi favorit dalam santapan buka puasa. Diantaranya : ada buah kurma. Buah kurma memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Bahkan, dahulu Rasulullah selalu mengkonsumsi buah kurma ketika buka puasa maupun sahur. Buah kurma memang sangat menjadi favorit disaat bulan Ramadhan tiba. Selain buah kurma, ada juga buah semangka, buah pisang, buah melon, air kelapa muda, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, sangat penting juga untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih. Tubuh kita sangat membutuhkan yang namanya air. Bahkan 70% dalam tubuh kita adalah air. Maka dari itu, perbanyaklah minum air ketika bulan Ramadhan tiba karena agar kita tidak dehidrasi di siang harinya.

Kurma

Kelapa Muda

Selain dari buah-buahan, ada makanan sehat lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa maupun sahur, diantaranya :


1. Bubur Sumsum

Diberi nama sumsum karena warnanya yang putih seperti sumsum tulang. Bubur sumsum adalah jenis bubur yang sederhana, baik dalam cara pembuatannya maupun dalam cara memakannya. 

2. Perkedel

Perkedel adalah makanan dari olahan kentang. Perkedel biasanya disajikan sebagai lauk pelengkap dan biasa juga disantap dengan sayur sop ataupun soto diberbagai daerah.

3. Tempe Goreng

Tempe goreng adalah tempe yang digoreng. Biasanya tempe paling enak digoreng menggunakan tepung sajiku ataupun sejenisnya. Bahkan membuat rasa tempe menjadi gurih.

4. Sop Buah

Sop Buah

Sop buah adalah campuran beberapa buah, susu, dan sirup kurnia. Sehingga memberi rasa yang mengesankan dan enak bagi para penikmatnya. Ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

5. Aneka Gorengan 

Gorengan

Gorengan menjadi makanan favorit indonesia. Selain pembuatannya yang tidak sulit, gorengan juga sangat banyak dijual dipasaran maupun di lorong-lorong rumah.


Dengan begitu maka menu berbuka puasa kita dan sahur terasa lebih istimewa dan berkah. Demikianlah ulasan tentang Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat Dan Menu Sahur Sehat. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon