Saturday, June 11, 2016

Cara Menerapkan Nafsu Makan yang Baik dan Alami

Cara Menerapkan Nafsu Makan yang Baik dan Alami - Makan merupakan suatu kebutuhan yang harus dilakukan semua orang setiap harinya demi menjaga keseimbangan tubuh. Dianjurkan makan minima 1 hari 3 kali. Namun, banyak sekali orang yang kehilangan nafsu makannya. Padahal tubuh kita sangat memerlukan energi yang bersumber dari makanan yang kita makan itu. Apabila kita kehilangan nafsu makan, sebaiknya hal ini jangan dibiarkan secara terus menerus karena ini akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Kurangnya nafsu makan dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya badmood, sakit, jenis makanan, stress, galau, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kita harus mengetahui dulu apa yang menjadi penyebab seseorang tidak memiliki nafsu makan, agar dapat menemukan solusinya dengan mudah.

nafsu makann


Tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui cara menerapkan nafsu makan yang baik dan alami. Cara ini terbilang cukup aman dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk menunjang nafsu makan. Berikut ini akan kita paparkan cara menerapkan nafsu makan yang baik dan alami :

1. Hindari minum sebelum makan

Sangat berpengaruh besar jikalau kita meminum air putih sebelum makan. Biasanya, nafsu makan akan hilang karena orang yang sudah mengkonsumsi air putih sebelum makan akan terasa lebih kenyang yang membuat selera makan berkurang atau sama sekali tak selera.

2. Konsumsi buah sebelum makan

Makan buah sebelum makan sangat dianjurkan bagi kita. Ini juga akan memberi rasa lapar pada perut. Selain itu, makan buah sebelum makan dapat membuat pencernaan menjadi licin sehingga makanan yang nantinya akan dimakan menjadi mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

3. Konsumsi makanan kesukaan

Hidangkan makanan yang menjadi kesukaan kita. Ini dapat merangsang rasa lapar pada perut kita. Cara ini terbilang cukup efektif dan baik untuk diterapkan.

4. Olahraga

Olahraga memang sangat baik untuk membuat selera makan kita menjadi muncul kembali. Sebab, olahraga dapat membakar kalori dalam tubuh. Olahraga tidak perlu yang mahal-mahal, cukup dengan jogging saja. Selain gratis, efeknya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5. Selalu riang gembira

Mood juga mempengaruhi nafsu makan. Namun banyak orang yang belum menyadarinya. Maka tugas kita adalah untuk menjaga selalu agar mood kita tetap baik setiap saat. Olahraga permainan juga sangat efektif untuk mengembalikan mood yang jelek. Mood yang baik dapat membuat kita lebih tambah bersemangat untuk melahap makanan.


Dengan demikian, jika cara diatas dapat kita lakukan dengan baik, inshaAllah nafsu makan kita akan tetap terjaga setiap saat. Namun jika nafsu makan tidak kunjung datang, sebaiknya anda periksa diri anda ke dokter. Mungkin ada faktor lain yang dapat menghambat nafsu makan. 

Sekian dulu ulasan seputar cara menerapkan nafsu makan yang baik dan alami. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon