Monday, June 6, 2016

Tips Puasa Sehat yang Harus dicoba Pada Saat Bulan Ramadhan

Tips Puasa Sehat yang Harus dicoba Pada Saat Bulan Ramadhan - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti umat muslim sedunia. Mengapa tidak, karena jikalau seorang insan melaksanakan ibadah pada bulan ini, maka pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT. Ada satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim pada bulan ramadhan, yakni ibadah puasa. Ibadah puasa merupakan ibadah yang langsung sampai ke Allah SWT tanpa harus melalui malaikat pencatat amal baik dan buruk.

Tips puasa sehat


Melaksanakan ibadah puasa tidak selalu berjalan dengan mulus. Selalu ada cobaan yang dialami setiap insan dalam menjalankan ibadah ini. Maka dari itu, setiap insan harus memiliki kondisi tubuh yang prima agar menjalankan ibadah puasa dengan bugar dan semangat. Untuk menjaga keprimaan tubuh dalam menjalankan ibadah puasa, ada beberapa tips puasa sehat yang harus dicoba pada saat bulan ramadhan, yaitu sebagai berikut :

1. Saat Sahur

Ikutilah sunnah nabi dengan memperlambat sahur. Memperlambat sahur disini dapat diartikan bukan makannya yang lama ya tapi makannya ketika mau mendekati saat-saat imsak. Setidaknya memperlambat sahur membuat tubuh kita menyimpan cadangan makanan secukupnya dari pada mendahulukan makan sahur. Usahakan minum air putih lebih banyak agar tidak dehidrasi ketika siang harinya. Makan buah juga dianjurkan agar masuknya serat ke dalam tubuh kita. Salah satu buah yang sangat favorit adalah buah kurma.

2. Saat Berpuasa

Jangan tidur setelah shubuh karena akan membuat tubuh kita menjadi lemas. Lakukan aktivitas seperti biasanya dengan santai agar membuat tubuh tidak cepat lelah. Sangat dianjurkan tidur siang, setidaknya 30 menit demi mengembalikan energi yang telah terkuras tadinya. Lakukanlah olahraga ringan saat sore hari agar membuat peredaran tubuh tetap lancar.


3. Saat Berbuka

Segerakanlah berbuka karena itu juga bagian dari sunnah nabi, berbukalah dengan yang manis-manis. Ketika berbuka, jangan terlalu bernafsu untuk makan lebih. Pikirkan juga shalat maghrib, takutnya setelah perut kekenyangan, membuat kita jadi malas beribadah. Jadi berbukalah sekedarnya saja, lalu setelah maghrib, makanlah makanan kesukaan.

Demikilanlah ulasan tentang tips puasa sehat yang harus dicoba pada saat bulan ramadhan. Semoga bermanfaat buat kita semua dan membuat kita lebih bersemangat pada saat bulan ramadhan.

Baca juga : Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat Dan Menu Sahur Sehat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon