Mau Jadi Web Programmer? Pelajari 4 Hal Dasar Ini

Mau Jadi Web Programmer? Pelajari 4 Hal Dasar Ini - Berkarir di dunia IT, tentu sangat banyak diminati pada zaman yang serba canggih ini. Tak terkecuali bagi para pemuda-pemudi yang memiliki passion di bidang IT.

Strategi menjadi web programmer


Salah satu karir IT yang banyak diminati yaitu web programmer. Tentu untuk mewujudkan itu semua tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan yang konsisten untuk menjadi seorang web programmer.

Bagi orang-orang yang memiliki latar belakang IT, pasti sudah banyak yang tau apa saja kerjaan seorang web programmer itu. Bahkan tak sedikit pula beberapa di antara mereka yang memutuskan untuk terjun berkarir ke sana. Namun bagi orang awam, apa mungkin mereka bisa terjun berkarir sebagai seorang web programmer? Tentu saja bisa. Asal ada kemauan, insyaAllah jalan terbuka lebar.

Web programmer? Tentu saja bukan hanya sobat sekalian yang bingung dengan pekerjaan itu. Ane pun dulu awal-awalnya bingung juga. Padahal ane memiliki pendidikan latar belakang IT loo, sob. Bukan tak jarang juga ane ngotak ngatik koding.

Kalau diliat dari aktivitas ane yaitu ngoding, seharusnya ane faham betul apa itu web programmer. Tapi apalah daya, mungkin ane belum kepikiran dengan karir itu kali ya dan masih butuh ilmu tambahan ni, sob. Hehehe.


Apa itu web programmer

Secara singkat, web programmer adalah orang yang menulis kode atau mengoding menggunakan salah satu atau banyak bahasa pemrograman berbasis web. Fokus pekerjaan dari seoang web programmer adalah membuat website ataupun aplikasi berbasis web.

Strategi menjadi web programmer

Strategi utama yang harus sobat lakukan bila ingin menjadi seoang web programmer adalah mempelajari dasar-dasar pemrograman web. Berikut ini akan kita paparkan strategi yang harus dilakukan untuk menjadi seorang web programmer:

1. Sobat sekalian bisa mulai dari belajar koding HTML

Kalok dibilang sebagai bahasa pemrogramman sih enggak. Namun HTML merupakan koding dasar web yang harus dikuasai bagi seseorang yang ingin terjun ke dunia web. Apa belajar HTML itu susah? Kalau menurut ane sih enggak. Bahkan bisa dibilang gampang banget.

Sobat tidak perlu memahami dasar algoritma, apalagi sampai berpikir keras. Tentu tidak, sob. Yang sobat harus fahami itu tentang cara menggunakan web browser seperti internet explorer, google chrome. mozila firefox, ataupun web browser lainnya.

2. Belajar CSS

Langkah selanjutnya yang boleh sobat pelajari adalah belajar CSS. Ini juga sama dengan HTML yaitu bukan sama-sama bahasa pemrogramman. HTML selalu berhubungan erat dengan CSS. Bila sobat ingin mempercantik tampilan website, tidak ada salahnya untuk belajar CSS.

Fungsi dari CSS ini tidak lain hanyalah untuk mempercantik tampilan website. Sebenarnya sih tidak ada pengaruhnya dengan web programmer. Namun, setidaknya sobat bisa memahami sedikit tentang CSS tanpa harus repot-repot meminta bantuan web designer yang dominannya lebih ke CSS.


3. Belajar Logika Algoritma dan PHP

Nah, bila HTML dan CSS selalu berkaitan erat untuk menciptakan suatu tampilan website yang elegan. Namun, beda halnya dengan PHP. Bahasa pemrograman PHP inilah disebut dengan bahasa pemrograman murni yang fungsinya untuk mengatur jalannya sistem.

Sebagai seorang web programmer, tentu tidak asing lagi dengan nama PHP. Saat ini, PHP merupakan salah satu bahasa pemrogramman favorit yang banyak diminati di kalangan web programmer. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan sekelas facebook pun dibangun menggunakan bahasa pemrograman ini.

Belajar PHP tentu saja akan menggunakan logika dan algoritma. Sobat sekalian harus bisa mengerti bagaimana sebuah sistem itu akan dibuat. Jadi, alangkah baiknya sobat harus memahami dulu mengenai logika dan algoritma sebelum memulai belajar PHP.

Kenapa ane sarankan belajar PHP? Karena saat ini bahasa pemrograman PHP open source. Komunitas-komunitas PHP pun sudah banyak tersebar sehingga kita bisa saling diskusi antara peminat PHP yang lainnya.

Namun bagi sobat sekalian yang sudah memiliki kemampuan pada bahasa pemrograman selain PHP, misalnya ASP, ASP.NET, Java, Perl, Python, dan bahasa pemrograman server side lainnya, tentu tidaklah menjadi sebuah masalah.

Yang paling penting yaitu menguasai salah satu dari beberapa bahasa pemrograman itu. Kalau sobat menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman, tentu akan menjadi sebuah nilai tambah.

4. MySQL

Bila sobat sudah mempelajari PHP, alangkah baiknya sobat juga belajar MySQL. Fungsi dari MySQL ini yaitu sebagai tempat penyimpanan data atau lebih dikenal dengan sebutan database. 

PHP dan MySQL selalu berkolaborasi. Banyak web programmer senior yang menghandalkan PHP dan MySQL untuk membuat suatu aplikasi berbasis web. Jadi, sobat harus belajar PHP dahulu sebelum berlanjut ke MySQL.

Bisa dibilang belajar MySQL ini wajib. Sudah pasti, sistem yang akan kita membuat akan membutuhkan tempat penyimpanan data. Dan pastinya seorang web programmer tidak boleh lengah akan hal itu.

Tidak hanya MySQL, database yang lainnya pun juga bisa sobat pelajari seperti Oracle, MongoDB, dan sebagainya.

Mungkin itu saja 4 hal dasar yang harus dipelajari bila sobat ingin menjadi seorang web programmer. Bila sobat tekuni dengan baik, insyaAllah sobat akan menjadi seorang web programmer handal.

Demikianlah ulasan mengenai mau jadi web programmer? pelajari 4 hal dasar ini. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.

Baca juga : Perlukah Orang IT Menguasai Semua Bidang IT

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »